Anda Di sini >
Selasa, 12 Desember 2017
Hukum Untuk Semua
Ditulis oleh choki   
Rabu, 24 November 2010 09:16

Kepala Kepolisian Daerah Metro Jaya Irjend Pol. Drs. Sutarman, M.HumKepala Kepolisian Daerah Metro Jaya Irjend Pol. Drs. Sutarman, M.Hum
Hukum tetaplah hukum dan tak berpihak. Artinya, semua orang - tanpa terkecuali - sama di depan hukum. Tak ada perbedaan, tak ada sekat yang menghalangi. Kepala Kepolisian Daerah Metropilitan Jakarta Raya (Kapolda Metro Jaya), Sutarman meminta semua pihak taat hukum, teristimewa kepada jajaran Direktorat Kriminal Umum dan Khusus (Ditkrimum dan Ditkrimsus) Polda Metro Jaya.

"Kepada para penyidik, saya memberikan arahan teknis. Tujuannya, agar mereka punya wawasan dalam menjalankan tugasnya sebagai penegak hukum," kata Sutarman sembari menambahkan petugas yang tengah menjalankan penydikan tak boleh melalukan pemerasan apalagi penyiksaan.

Menurut Sutarman, Ditkrimum dan Ditkrimsus harus lebih mengutamakan kaum marjinal. Soalnya, komunitas ini kurang paham mengenai undang-undang atau aturan-aturan yang terkait dengan hukum. "Mereka harus dapat akses dan diberi penjelasan tentang hukum," kata Sutarman.

Mantan Kapolda Jawa Barat menambahkan, baik kaum marginal maupun kaum intelektual harus sama di depan hukum. "Keadilan harus ditegakkan. Jangan berpihak. Hukum harus berada di relnya," kata Sutarman.

Lebih jauh Sutarman mengingatkan agar anak buahnya pandai-pandai menyaring keluhan atau komplen dari masyarakat. Ini bertujuan agar polisi tak salah tafsir. "Jadi harus diteliti dulu. Kita tidak boleh sembarangan menerima keluhan masyarakat karena kita tak bisa menjadikan sesorang menjadi tersangka begitu saja," tandas Sutarman.

Dalam menangani perkara, penyidik serse tidak terpaku dengan  satu alat bukti yaitu pengakuan dari salah seorang tersangka. Penyidik harus mengumpulkan  bukti-bukti lain yang  mendukung  dalam suatu perkara untuk dilanjutkan ke jaksa penuntut umum (JPU) dan kemudian disidangkan.

 

       WWW.SWARAJAKARTA.COM  -  Semua Tentang Jakarta   |  Portal yang mengulas berbagai informasi seputar Jakarta
      
Alamat Redaksi :  Puri Gading H14 No. 15, Jatimelati, Bekasi, Jakarta Timur.   Kontak Iklan :  02198504185

       Related Sites :   Warung Olahraga  |   Facebook Page  |  Twitter  |    Copyright 2010 @ swarajakarta.com. All Rights Reserved