Anda Di sini >
Rabu, 23 Mei 2018
Kondisi Jakarta tak Buat Jokowi Pusing
Ditulis oleh beritajakarta.com   
Rabu, 23 Januari 2013 08:46

Tepat 100 hari masa kepemimpinan Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo, dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki T Purnama, keduanya masih disibukkan dengan upaya penanggulangan banjir yang sempat melumpuhkan aktivitas perekonomian di ibu kota. Akibatnya sejumlah program yang telah tersusun dengan baik seperti rencana pengoperasian koridor XII Transjakarta maupun keputusan kelanjutan monorail dan mass rapid transit (MRT), terpaksa dijadwal ulang karena persoalan tersebut.

Belum terealisasinya sejumlah persoalan tersebut, termasuk soal menangani kemacetan, bukan berarti PemproV DKI tidak melakukan apa-apa. Persoalan di Jakarta yang lebih besar, dianggap Gubernur Jokowi tidak jauh beda dengan masalah di sebuah kota pada umumnya. Karena itu, dia pun tidak pernah memusingkan persoalan tersebut, karena baginya yang terpenting adalah kerja. "Biasa saja, persoalan di ibu kota sama saja. Jangan pikir saya pusing," kata Jokowi, saat ditanya mengenai ibu kota di masa 100 hari pemerintahannya, di Balaikota DKI Jakarta, Selasa (22/1).

Ia menegaskan segala persoalan yang ada harus segera diselesaikan tidak boleh ditunda-tunda dan harus segera diselesaikan. Sehingga ia lebih memilih untuk langsung terjun ke lapangan, agar bisa melihat permasalahan yang ada. "Yang paling penting semua problem bisa diselesaikan secepatnya," tegasnya.

Menurut Jokowi, terjun langsung ke masyarakat merupakan jurus yang ampuh untuk mengatasi masalah. Ketimbang berdiam diri di kantor dan terjebak rutinitas sehari-hari dengan urusan administrasi tanda tangan proposal atau surat-surat lainnya.

Ia menganggap menyelesaikan masalah yang ada di depan mata jauh lebih efektif. Sebab jika masalah kecil tidak segera diselesaikan maka akan menjadi besar dan sulit dituntaskan. Namun ia juga melihat persoalan yang ada, jika memang dirinya tidak sanggup maka belum akan didatangi. "Kalau tidak bisa menyelesaikan masalah untuk apa didatangi," ujarnya.

Dicontohkan Jokowi salah satu persoalan yang bisa diatasi yakni permintaan warga Tanah Merah, Plumpang, Jakarta Utara yang sulit mendapatkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) DKI. Ia pun harus berkali-kali datang menemui warga, hingga akhirnya proses pembuatan RT dan RW berhasil dilakukan yang disusul proses pembuatan KTP warga.

Begitu pun masalah di Rusun Tanah Tinggi, Jakarta Pusat. Warga mengeluhkan berbagai persoalan yang ada mulai dari pompa air, hingga kondisi rusun yang sudah kumuh. Saat itu juga, Jokowi memerintahkan Dinas Perumahan dan Gedung Pemda untuk segera membetulkan pompa dan mengecat ulang rusun tersebut.

“Sekarang coba lihat, rusun itu sudah terlihat hidup dan indah. Pompa air juga sudah baru semua. Jadi masalah kecil-kecil ini yang harus diselesaikan, kalau tidak ditangani bisa menjadi persoalan yang besar,” imbuhnya.

Rusun Marunda yang tak terawat juga jadi perhatiannya. Saat itu, dari 29 blok yang ada hanya 7 blok yang dipakai, sedangkan 19 blok lainnya dibiarkan tidak terawat. Sehingga sarana dan prasarananya pun rusak. Usai ditinjau, rusun tersebut langsung diperbaiki. Saat ini 3 blok lainnya sudah bisa digunakan kembali.

“Itulah yang saya kerjakan. Ngapain di kantor cuma teken-teken surat. Kalau itu mah setengah jam saja sudah rampung. Karena tugas saya memang ya melihat persoalan yang riil di lapangan lalu selesaikan. Kalau di kantor, saya akan terjebak rutinitas,” tandasnya.

 

Olahraga

Nike Egy Setara Ronaldo dan Neymar

Nike Egy Setara Ronaldo dan Neymar

Egy Maulana Vikri dan Febri Hariyadi mendapatkan senjata baru dari Nike. Senjata itu berupa rilisan sepatu terbaru Nike, Mercurial Superfly 360. Kedua...

More:

Swara Seleb

Ki Kusumo Laporkan Wartawan ke Polda Metro Jaya

Ki Kusumo Laporkan Wartawan ke Polda Metro Jaya

Tidak terima namanya dikait-kaitan dengan perbuatan kriminal, paranormal yang juga produser film Ki Kusomo menadatangi Sentra Pelayanan Kepolisian Ter...

More:

Swara Warga

Pengaduan Register NPWP-pun Bersambut

  Pengaduan Register NPWP-pun Bersambut

Sepekan lalu saya mendapat paket dari Pos yang isinya ternyata sebuah kartu berisikan Nama dan NPWP saya yang aktif. Saya menantikan paket ini karen...


 Darurat
  112  
 Ambulan
 118
 
 Polisi
 110 
 Pemadam Kebakaran
 113
 
 SAR / Search and Rescue
 115
 
 Posko Kewaspadaan Nasional
 122
 
 Informasi PLN 123
 

No Telepon Lengkap...

       WWW.SWARAJAKARTA.COM  -  Semua Tentang Jakarta   |  Portal yang mengulas berbagai informasi seputar Jakarta
      
Alamat Redaksi :  Puri Gading H14 No. 15, Jatimelati, Bekasi, Jakarta Timur.   Kontak Iklan :  02198504185

       Related Sites :   Warung Olahraga  |   Facebook Page  |  Twitter  |    Copyright 2010 @ swarajakarta.com. All Rights Reserved