Anda Di sini >
Jumat, 19 Januari 2018
Polda - Mabes Polri Beda Persepsi Perpanjangan SIM
Ditulis oleh Sapuji   
Jumat, 22 Februari 2013 11:14

Mabes Polri dan Polda Metro Jaya beda pendapat soal perpanjangan surat mengemudi (SIM). Ini bisa menimbulkan kerancuan dan kebingungan bagi masyarakat.

Direktorat Lalulintas Polda Metro Jaya tidak akan mengetes ulang, bagi pemegang SIM yang habis masa berlakunya. Sebaliknya, Mabes Polri tetap akan menerapkan tes ulang yang dilakukan per 1 Maret 2013.

Direktur Lalulintas  Polda Metro Jaya Kombes Pol Drs  Chryshnanda Dwilaksana mengatakan, tidak diperlukan perpajangan SIM. Namun, tes ulang bisa diterapkan bila si pemegang SIM melakukan pelanggaran berlalulintas atau terlibat kecelakaan di jalan.

"Ini pemikiran saya. Uji ulang apabila pernah melanggar atau terlibat kecelakaan," kata  Chryshnanda kepada wartawan, Rabu (20/2).

Chrysnanda menilai, pemberian SIM kepada pemohon, didasari karena orang yang dimaksud telah memenuhi persyaratan yang diajukan oleh polisi.

"SIM itu merupakan privilage yang diberikan kepada seseorang yang telah lulus uji baik teori, simulator dan praktik. Yang bersangkutan dianggap telah memiliki kemampuan, keterampilan kepekaan dan kepedulian serta tanggung jawab akan keselamatan baik bagi dirinya dan orang lain," jelas mantan Direktur Lalulintas Polda Riau.

Kewajiban pengulangan bagi orang yang ingin memperpanjang masa berlaku  SIM diatur dalam Peraturan Kapolri(Perkap) No 9 Tahun 2012 mengenai Surat Izin Mengemudi (SIM) yang di sana disebutkan bahwa perpanjangan SIM harus mengikuti tes lagi.

Sebelumnya, perbedaan muncul dari Kabaghumas, Divisi Humas Polri Kombes Agus Rianto yang menyebutkan perpanjangan SIM akan dilakukan pengujian ulang. "Tetapi selama dua bulan pelaksanaan akan kita evaluasi," katanya.

 

Olahraga

Nitro FC Peduli Bakat Muda Indonesia

Nitro FC Peduli Bakat Muda Indonesia

Turnamen bertajuk Nitro FC Cup akan digelar. Ajang ini diselenggarakan dengan tujuan untuk memunculkan pemain berbakat yang bisa dipakai oleh klub.

Hal...

More:

Swara Seleb

Ki Kusumo Laporkan Wartawan ke Polda Metro Jaya

Ki Kusumo Laporkan Wartawan ke Polda Metro Jaya

Tidak terima namanya dikait-kaitan dengan perbuatan kriminal, paranormal yang juga produser film Ki Kusomo menadatangi Sentra Pelayanan Kepolisian Ter...

More:

Swara Warga

Pengaduan Register NPWP-pun Bersambut

  Pengaduan Register NPWP-pun Bersambut

Sepekan lalu saya mendapat paket dari Pos yang isinya ternyata sebuah kartu berisikan Nama dan NPWP saya yang aktif. Saya menantikan paket ini karen...


 Darurat
  112  
 Ambulan
 118
 
 Polisi
 110 
 Pemadam Kebakaran
 113
 
 SAR / Search and Rescue
 115
 
 Posko Kewaspadaan Nasional
 122
 
 Informasi PLN 123
 

No Telepon Lengkap...

       WWW.SWARAJAKARTA.COM  -  Semua Tentang Jakarta   |  Portal yang mengulas berbagai informasi seputar Jakarta
      
Alamat Redaksi :  Puri Gading H14 No. 15, Jatimelati, Bekasi, Jakarta Timur.   Kontak Iklan :  02198504185

       Related Sites :   Warung Olahraga  |   Facebook Page  |  Twitter  |    Copyright 2010 @ swarajakarta.com. All Rights Reserved