Anda Di sini >
Selasa, 19 Juni 2018
Agustusan, Lalu Lintas ke Istana Dialihkan
Ditulis oleh beritajakarta   
Jumat, 16 Agustus 2013 12:43

Sejumlah ruas jalan di sekitar kawasan Istana Negara akan disterilkan dari kendaraan untuk penyelenggaraan upaya HUT ke-68 Proklamasi Kemerdekaan RI, Sabtu 17 Agustus 2013. Penutupan arus lalu lintas yang dilakukan yakni di Jalan Merdeka Barat – Jalan Merdeka Utara – Jalan Majapahit ( sisi Timur ) – Jalan Veteran Raya, Jalan Veteran I, II dan III – Jalan Museum – Jalan Area silang Monas. Penutupan ruas jalan tersebut pada 17 Agustus 2013 pukul 05.00-12.00 dan pukul 14.00 -19.00.

Akibat penutupan tersebut dilakukan pengalihan lalu lintas. Arus lalu lintas dari arah Utara-Kota atau dari arah Barat-Jalan Suryo Pranoto yang menuju ke arah Selatan yaitu Jalan Thamrin – Jalan Sudirman diarahkan melalui Jalan Juanda – Jalan Pos – Jalan Lapangan Banteng Utara – Jalan Pejambon – Tugu Tani – Jalan Merdeka Selatan dan seterusnya.

Sementara arus lalu lintas dari arah Selatan, Jalan Sudirman – Jalan MH Thamrin yang menuju ke arah Utara  atau Harmoni - Jalan Gajah Mada – Kota, diarahkan melalui Jalan Budi Kemuliaan – Jalan Abdul Muis - Jalan Majapahit dan seterusnya.

Kemudian arus lalu lintas dari arah Timur-Tugu Tani atau Menteng Raya yang menuju ke arah Utara, Jalan Gajah Mada-Kota diarahkan melalui Jalan Merdeka Selatan (sisi Selatan ) – Jalan Budi Kemuliaan – Jalan Abdul Muis – Jalan Majapahit atau melalui Jalan Merdeka Timur – Jalan Perwira – Jalan Lapangan Banteng Barat – Jalan Kathedral – Jalan Pos dan seterusnya.

“Diimbau kepada pengguna jalan untuk mengikuti rambu lalu lintas dan petunjuk petugas di lapangan serta mengutamakan keselamatan di jalan,” kata Udar Pristono, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Kamis (15/8).

Pristono mengatakan, untuk parkir para tamu undangan atau pengunjung acara HUT Proklamasi disarankan menggunakan area parkir IRTI Monas, area parkir Mesjid Istiqlal, serta area perkantoran di sekitar Istana Negara. Diimbau pula kepada pemilik kendaraan yang parkir di lokasi parkir tersebut untuk menonaktifkan alarm kunci kendaraanya agar tidak berbunyi pada saat acara dentuman meriam upacara HUT ke-68 RI.

Selain itu, operasional bus Transjakarta juga terganggu akibat adanya penutupan jalan ini. Setidaknya ada empat koridor yang akan dilakukan pengalihan rute yakni koridor 1 (Blok M–Kota), koridor 2 (Pulogadung–Harmoni), koridor 3 (Kalideres–Harmoni) dan koridor 8 (Lebakbulus–Harmoni).

Setidaknya ada sekitar 10 halte uang akan ditutup mulai pukul 05.00 hingga 19.00, yakni halte Monas, Balaikota, Gambir 2, Kwitang, RSPAD, DPLU, Gambir 1, Istiqlal, Juanda, dan halte Pecenongan. "Tetapi untuk koridor lainnya berjalan dengan normal," tandasnya

 

       WWW.SWARAJAKARTA.COM  -  Semua Tentang Jakarta   |  Portal yang mengulas berbagai informasi seputar Jakarta
      
Alamat Redaksi :  Puri Gading H14 No. 15, Jatimelati, Bekasi, Jakarta Timur.   Kontak Iklan :  02198504185

       Related Sites :   Warung Olahraga  |   Facebook Page  |  Twitter  |    Copyright 2010 @ swarajakarta.com. All Rights Reserved