Anda Di sini >
Sabtu, 20 Januari 2018
Jaktim Masih Terbuka Buat Mall
Ditulis oleh Viva   
Kamis, 08 Mei 2014 01:01

Sejak masa kepemimpinan Gubernur Fauzi Bowo, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengeluarkan moratorium atau penundaan pengeluaran izin pembangunan mal di Ibu Kota Jakarta. Seharusnya moratorium itu dijalankan sampai saat ini, tetapi mal-mal baru terus bermunculan.

Menanggapi hal itu, Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menuturkan, pembangunan mal di Jakarta masih tetap dijalankan hingga saat ini. Hanya saja apabila ada mal yang baru dibangun, izinnya sudah dikeluarkan sebelum moratorium.

"Saya kira tidak ada izin baru," kata Ahok di Balai Kota Jakarta.

Ahok menegaskan, sejak 2012 sampai sekarang, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tidak akan memberikan izin pembangunan mal yang berada di pusat-pusat kota. Selain lahannya sudah tidak memungkinkan, pembangunan mal juga kerap menyebabkan kemacetan lalu lintas.


Meski demikian, pembangunan di pinggiran kota masih diperbolehkan, seperti sekitar Jakarta Timur. Menurut Ahok, salah satu pertimbangannya masih banyak lahan kosong yang bisa dimanfaatkan. Kemudian lalu lintas di Jakarta Timur juga belum terlalu padat.

"Selama kondisi memungkinkan masih boleh. Jadi tergantung kondisi lalu lintas. Kalau di tengah kota ya tidak bisa," tutur Ahok.

Seperti diketahui dengan adanya moratorium atau penghentian sementara izin pembangunan mal hingga akhir 2012, berdampak pada realisasi pembangunan mal di Jakarta 2-3 tahun setelahnya.

Kevakuman pembangunan mal di Jakarta terjadi di 2014-2015. Berdasarkan perhitungan normal, proses izin, pembangunan, hingga beroperasinya sebuah mal setidaknya memerlukan waktu minimal 2 tahun.

Berdasarkan data Colliers International, hanya ada tiga mal baru pada 2013, yaitu Cipinang Indah Mall, Cipinang, Jakarta Timur; Green Bay Pluit, Pluit, Jakarta Utara; dan St Moritz, Puri Indah, Jakarta Barat

 

Olahraga

Nitro FC Peduli Bakat Muda Indonesia

Nitro FC Peduli Bakat Muda Indonesia

Turnamen bertajuk Nitro FC Cup akan digelar. Ajang ini diselenggarakan dengan tujuan untuk memunculkan pemain berbakat yang bisa dipakai oleh klub.

Hal...

More:

Swara Seleb

Ki Kusumo Laporkan Wartawan ke Polda Metro Jaya

Ki Kusumo Laporkan Wartawan ke Polda Metro Jaya

Tidak terima namanya dikait-kaitan dengan perbuatan kriminal, paranormal yang juga produser film Ki Kusomo menadatangi Sentra Pelayanan Kepolisian Ter...

More:

Swara Warga

Pengaduan Register NPWP-pun Bersambut

  Pengaduan Register NPWP-pun Bersambut

Sepekan lalu saya mendapat paket dari Pos yang isinya ternyata sebuah kartu berisikan Nama dan NPWP saya yang aktif. Saya menantikan paket ini karen...


 Darurat
  112  
 Ambulan
 118
 
 Polisi
 110 
 Pemadam Kebakaran
 113
 
 SAR / Search and Rescue
 115
 
 Posko Kewaspadaan Nasional
 122
 
 Informasi PLN 123
 

No Telepon Lengkap...

       WWW.SWARAJAKARTA.COM  -  Semua Tentang Jakarta   |  Portal yang mengulas berbagai informasi seputar Jakarta
      
Alamat Redaksi :  Puri Gading H14 No. 15, Jatimelati, Bekasi, Jakarta Timur.   Kontak Iklan :  02198504185

       Related Sites :   Warung Olahraga  |   Facebook Page  |  Twitter  |    Copyright 2010 @ swarajakarta.com. All Rights Reserved