Anda Di sini >
Jumat, 22 Juni 2018
Bau Korupsi Di Proyek Cideng
Ditulis oleh Terbit   
Kamis, 22 Mei 2014 19:48

Dugaan korupsi dalam proyek turap Kali Cideng, Jakarta Pusat masih terus menggelinding. Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (Fitra) menduga proyek senilai Rp141 Miliar itu berbau korupsi. Itu sebabnya Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) diminta untuk menelusuri dugaan itu. Di sisi lain, Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok justru menantang Fitra untuk membuktikan korupsi tersebut dan melaporkan kepada dirinya. 

Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) meminta Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (Fitra) melaporkan data dugaan korupsi pembangunan turap Kali Cideng kepada dirinya. “Fitra lapor saja jika memang dia curiga. Laporin saja. Kalau enggak bilang ke saya. Saya juga enggak tahu kalau terjadi korupsi," kata Ahok, di Balai Kota DKI, Jakarta, Kamis (22/5).

Dia menegaskan, pihaknya selalu terbuka untuk menerima pengaduan terkait kasus penyelewengan anggaran atau dugaan korupsi dalam pelaksanaan kegiatan pembangunan apa pun, termasuk proyek di Sudin PU Jakarta Pusat itu.

Justru laporan dari pihak lain membantu pengawasan yang dilakukan dirinya. Sehingga dia tahu sepak terjang bawahannya dalam menjalankan tugas mereka.  “Kalau kita sih terbuka saja. Lebih bagus bantu saya untuk mengawasi kinerja mereka," ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, Fitra meminta Pemprov DKI Jakarta untuk melakukan lelang ulang proyek pengerjaan pembangunan dinding turap beton (sheet pile) di Kali Cideng sebesar Rp 141 miliar. Sebab diduga ada persekongkolan dalam pengadaan pemenang tender yang dilakukan Suku Dinas Pekerjaan Umum (PU) Tata Air Jakarta Pusat.  Fitra juga meminta KPK harus melakukan penyelidikan karena ini pembajakan peraturan dan kerugian negara sebesar Rp 141 miliar.

Direktur Fitra Uchok Sky Khadafi menjelaskan, seharusnya Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah  (LKPP) sebagai pengawas tidak memberikan izin kepada Sudin PU Tata Air Jakarta Pusat untuk melakukan lelang. Pasalnya, dalam semua kegiatan, Pemprov DKI harus melalui Unit Layanan Pengadaan (ULP) Barang dan Jasa. Terlebih, Sudin PU Tata Air Jakarta Pusat sudah dua kali memberikan surat yang telah ditolak.

Dalam tender pembangunan sheet pile Kali Cideng diikuti oleh 74 perusahaan yang ikut mendaftar. Baru tahap proses pertama, yaitu tahap prakualifikasi perusahaan, dari 74 perusahaan, hanya 9 perusahaan yang diloloskan. Selanjutnya, saat proses seleksi tahap dua, yaitu proses administrasi dan teknis, dari 9 perusahaan, hanya 4 perusahaan yang diloloskan untuk mengikuti sekeksi tahap ketiga, yaitu pemasukan surat penawaran harga.

Perusahaan tersebut adalah, PT Basuki Rahmantra Putra dengan penawaran harga sebesar Rp123,89 miliar, PT Brantas Abipraya (Persero) sebesar Rp124,75 miliar, PT Sac Nusantara sebesar Rp126,23 miliar, dan  PT Adhi karya (Persero) Tbk sebesar Rp127,41 miliar.

Pembangunan sheet pile Kali Cideng (dari Jalan Suryo pranoto- Jalan Zainal Arifin) dan Kali Cideng (dari Jalan Latuharhary - Jalan Thamrin) dengan nilai paket HPS (Harga Prakiraan Sendiri) sebesar Rp141,29 miliar yang dilakukan Suku Dinas Pekerjaan Umum Tata Air Jakarta Pusat.

Hingga saat ini pun Sudin PU Tata Air, kata dia, belum bersedia memberikan penjelasan terkait proyek itu. “Kuat dugaan jika proyek ini berbau korupsi, sehingga sudah wajar ditelusuri oleh KPK. Sebab ada kerugian negara dalam proyek ini,” kata dia.

 

Olahraga

Spesial Specs untuk Simic

Spesial Specs untuk Simic

Marko Simic kembali menjadi pembicaraan hangat. Kali ini bukan lantaran gol-gol indahnya, melainkan karena Specs, produsen sepatu lokal kenamaan, seca...

More:

Swara Seleb

Ki Kusumo Laporkan Wartawan ke Polda Metro Jaya

Ki Kusumo Laporkan Wartawan ke Polda Metro Jaya

Tidak terima namanya dikait-kaitan dengan perbuatan kriminal, paranormal yang juga produser film Ki Kusomo menadatangi Sentra Pelayanan Kepolisian Ter...

More:

Swara Warga

Pengaduan Register NPWP-pun Bersambut

  Pengaduan Register NPWP-pun Bersambut

Sepekan lalu saya mendapat paket dari Pos yang isinya ternyata sebuah kartu berisikan Nama dan NPWP saya yang aktif. Saya menantikan paket ini karen...


 Darurat
  112  
 Ambulan
 118
 
 Polisi
 110 
 Pemadam Kebakaran
 113
 
 SAR / Search and Rescue
 115
 
 Posko Kewaspadaan Nasional
 122
 
 Informasi PLN 123
 

No Telepon Lengkap...

       WWW.SWARAJAKARTA.COM  -  Semua Tentang Jakarta   |  Portal yang mengulas berbagai informasi seputar Jakarta
      
Alamat Redaksi :  Puri Gading H14 No. 15, Jatimelati, Bekasi, Jakarta Timur.   Kontak Iklan :  02198504185

       Related Sites :   Warung Olahraga  |   Facebook Page  |  Twitter  |    Copyright 2010 @ swarajakarta.com. All Rights Reserved