Anda Di sini >
Senin, 23 April 2018
7 Spesialis Curanmor Digulung
Ditulis oleh sondinews   
Jumat, 24 Juni 2016 00:22

Sebanyak tujuh pelaku jaringan spesialis pencurian kendaraan bermotor ditangkap petugas jajaran polres Jakarta Timur. Pelaku yang terdiri dari pencuri dan penadah tersebut, diamankan polisi saat beraksi di bulan Ramadhan ini.

Para pelaku itu sendiri diamankan petugas dari polsek Cakung dan polsek Kramatjati. Lima pelaku ditangkap polsek Cakung masing-masing Ade, Amin, Zainal, Carsa dan Solek. Sementara dua pelaku yang ditangkap polsek Kramatjati yang diamankan yakni Dino dan Irwan.

Kapolres Jakarta Timur, Kombes Pol Muhammad Agung Budijono menjelaskan, untuk penangkapan lima pelaku di Cakung terjadi pada (21/6) kemarin. Keseleuruhnya ditangkap saat petugas reserse Polsek Cakung sedang melaksanakan patroli. “Saat itu ketiga pelaku Zainal, Ade, dan Tarkawih (DPO), tengah berbonceng motor dengan membawa benda mencurigakan,” kata Kapolres, Kamis (23/6).

Curiga dengan hal itu, kata kapolres, anggota patroli lantas menghentikan sepeda motor yang ditumpangi ketiga pelaku. Namun, Tarkawih langsung kabur begitu dihentikan petugas sementara temannya Ade dan Zainal ditangkap. “Saat kami periksa, dua orang yang ditangkap ditemukan kuncil leter T di sakunya,” ujar Kombes Pol Agung.

Hasil interogasi Ade dan Zainal mengaku, sebagai penadah hasil curian motor atau yang dikenal dengan istilah joki. Dari keterangan keduanya, Tarkawih yang buron merupakan eksekutor atau pemetik. “Dari keterangan ketiga pelaku, akhirnya kami berhasil menangkap tiga pelaku lain Carsa, Solek dan Amin,” ungkap Kapolres.

Saat diinterogasi, Carsa dan Solek berperan sebagai joki dan Amin mengaku sebagai pemetik sepeda motor. Dalam setiap aksinya, motor hasil curian dijual Rp1,7 juta sampai Rp2 juta. “Kalau jokinya mengaku memperoleh bagian Rp450 ribu sebagai upahnya,” papar Kapolres.

Untuk kasus kedua, lanjut Kapolres, petugas juga meringkus Dino dan Irwan di Kramatjati. Keduanya ditangkap setelah aksinya kepergok korban, saat tengah beraksi mencuri motor MR seorang pelajar di Cililitan, Kramatjati, (17/6) lalu. “Kedua pelaku ini menjadi bulan-bulanan warga setelah korbannya mengejar sambil berteriak maling,” ujar Kombes Pol Agung.

Untungnya, kata Kapolres, keduanya tertangkap dan petugas polisi yang datang kemudian mengamankan. Para pelaku mengaku melakukan kejahatan itu untuk memenuhi kebutuhan hidup. “Karena kebutuhan hidup tetapi mengambil jalan pintas dengan cara yang tidak sesuai,” ujar Kombes Pol Agung.

Kini para pelaku yang terdiri dari sopir bajaj dan pengangguran itu mendekam dibalik jeruji besi. Barang bukti berupa kunci leter T, beberapa handphone, dan lainnya diamankan petugas. “Kami akan menjerat para pelaku dengan Pasal 363 KUHP tentang pencurian, dengan ancaman di atas lima tahun penjara,” ungkap Kapolres.

 

       WWW.SWARAJAKARTA.COM  -  Semua Tentang Jakarta   |  Portal yang mengulas berbagai informasi seputar Jakarta
      
Alamat Redaksi :  Puri Gading H14 No. 15, Jatimelati, Bekasi, Jakarta Timur.   Kontak Iklan :  02198504185

       Related Sites :   Warung Olahraga  |   Facebook Page  |  Twitter  |    Copyright 2010 @ swarajakarta.com. All Rights Reserved