Anda Di sini >
Selasa, 12 Desember 2017
Penyalahgunaan Narkoba Meningkat
Ditulis oleh Darsito   
Minggu, 26 Juni 2016 22:12

Angka penggunaan dan penyalahgunaan narkotika di Jakarta tahun ini meningkat dibanding tahun lalu. Demikian dikatakan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat.

"Tahun ini yang kena sekitar 3,5 persen dari jumlah penduduk. Tahun lalu sekitar 3,4 persen," ujar Djarot dalam acara peringatan Hari Anti Narkoba Internasional (HANI) 2016 yang diselenggarakan di Lapangan Cengkeh, Kawasan Kota Tua, Kelurahan Pinangsia, Kecamatan Tamansari, Jakarta Barat, Minggu (26/6).

 

Djarot mengatakan, penyebab meningkatnya jumlah tersebut bermacam-macam. Pasalnya hal tersebut berkaitan dengan sindikat internasional beserta jaringannya.

 

Oleh karena itu, pihaknya bersama dengan Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) menggelar berbagai macam kegiatan yang berkaitan dengan pemberantasan, pencegahan, dan pemberdayaan.

 

Menurutnya, Jakarta paling rawan terhadap narkoba sehingga pihaknya pun terus berkoordinasi dengan BNN untuk melakukan operasi secara berkala. Terutama di tempat-tempat hiburan mengingat tempat-tempat tersebut merupakan jalan paling efektif untuk memasukkan narkoba.

 

"Yang paling rawan itu Jakarta Utara, itu kan kejadian. Kemarin kena segitu banyak. Terutama juga untuk masalah seperti ini kan sudah perang betul ya. Nah kalau perang betul ya tidak pandang bulu," katanya.

 

Tidak terkecuali, katanya keterlibatan oknum-oknum pejabat atau pekerja instansi hingga aparat keamanan yang juga menyulitkan pemberantasan. Contohnya sudah banyak terjadi, salah satunya saat dilakukan operasi di sebuah klub hiburan malam juga terdapat pegawai bea cukai yang kedapatan menggunakan barang haram tersebut.

 

"Itu artinya oknum pasti terlibat juga. Makanya kalau perang total ya harusnya juga tindakan harus total, ini untuk pencegahan. Untuk pemberdayaan, kami sudah membina warga seperti di Kampung Ambon, alhamdulillah di sana sudah mulai bagus," katanya,

 

Artinya, kata Djarot, hal tersebut menunjukkan bahwa di sana yang dulunya sangat tertutup sekarang sudah terbuka betul dan sudah mulai banyak aktivitas yang positif juga di sana.

 

Ia pun mengimbau kepada masyarakat, terutama para RT dan RW untuk tidak melindungi para pengguna atau pengedar narkoba apabila di lingkungannya didapati hal seperti itu.

 

"Berikan informasi kepada kami, supaya kita betul-betul bisa menyelamatkan bangsa ini dari ancaman narkoba," pungkasnya.

 

 

 

       WWW.SWARAJAKARTA.COM  -  Semua Tentang Jakarta   |  Portal yang mengulas berbagai informasi seputar Jakarta
      
Alamat Redaksi :  Puri Gading H14 No. 15, Jatimelati, Bekasi, Jakarta Timur.   Kontak Iklan :  02198504185

       Related Sites :   Warung Olahraga  |   Facebook Page  |  Twitter  |    Copyright 2010 @ swarajakarta.com. All Rights Reserved