Anda Di sini >
Selasa, 12 Desember 2017
Hati-hati Mainin Pokemon Go!
Ditulis oleh Darsito   
Sabtu, 16 Juli 2016 01:14

Aplikasi game Pokemon Go yang diluncurkan Nintendo dan Niantic pada 4 Juli lalu berhasil menarik perhatian pada pengguna smartphone baik yang berbasis iOS maupun Android. Saking tingginya animo publik, Niantic terpaksa menunda rilis global Pokemon Go dan membatasi hanya pengguna di Amerika Serikat, Australia dan Selandia Baru yang bisa mengunduh permainan tersebut.

Namun para penggila Android di luar tiga negara itu tidak kehabisan akal. Demi bisa mencoba permainan mereka rela mengunduh file instalasi Pokemon Go dalam bentuk APK dan memasangnya ke dalam ponsel Android mereka.

 

Padahal cara ini sebetulnya memangkas sistem pengamanan bawaan Android yang tidak membolehkan instalasi aplikasi di luar jalur resmi yaitu Google Play Store. Game yang mengandalkan jaringan Global Positioning System (GPS) ini sudah mampu menyamai, bahkan menyalip beberapa nama game legenda yang pernah berada di barisan teratas seperti Clash of Clans (CoC) dan game lain yang ada di smartphone.

 

Ini merupakan momentum tumbuhnya industri game yang berbasis Smartphone. Namun, perlu diingat oleh para penikmat game untuk tidak larut sehingga menjadi kecanduan. Jika dimainkan sungguh-sungguh, game ini bisa menghabiskan waktu untuk mencari Pokemon ke sana kemari di luar rumah.

 

Bahaya fatalnya bisa membuat orang saling bertabrakan. Jika tidak hati-hati, game Pokemon GO dapat menimbulkan bahaya lainnya bagi pemainnya. Sebab tanpa disadari, permainan mencari monster itu bisa membuat pemain lupa akan keberadaannya di sebuah tempat.

 

Karena terlalu nafsu ingin menangkap mosnter, bisa-bisa keselamatan diri sendiri diabaikan. Karena itu ada baiknya apabila tempat-tempat yang dijadikan lokasi perburuan monster-monster tersebut berada di kawasan taman atau lapangan.

 

Jangan di jalan karena akan berakibat fatal. Apalagi permainan Pokemon Go ini akan mengajak para pemainnya untuk berburu berbagai macam jenis monster Pokemon dengan cara menjelajahi setiap sudut lokasi. Jangan main game ini saat berkendara.

 

Bermain Pokemon Go ini berarti mengajak untuk aktif bergerak. Jalan keluar rumah dan memburu monster di berbagai lokasi pasti dijalani. Nah, jangan sekali-sekali bermain game ini saat Anda sedang berkendara. Jika tetap ngebet, sebaiknya parkir kendaraan, dan berjalan kakilah mengikuti arahan di mana monster-monster Pokemon bisa didapatkan.

 

Ketika sedang asyik bermain, hal kerap terjadi adalah lupa dengan situasi sekitar. Bermain Pokemon Go dengan menggunakan smartphone, apalagi di tempat yang ramai dan rawan kejahatan sangat tidak dianjurkan.

 

Bisa-bisa Anda akan menjadi korban penjambretan. Pun di tempat yang sepi, karena bisa mengundang orang untuk berbuat jahat ketika melihat Anda sedang asyik bermain ponsel. Untuk menghindari terjadinya kasus penjambretan pada diri Anda, ajaklah teman-teman lain untuk berburu bersama-sama. Selain lebih aman, perburuan pun akan semakin mengasyikan.

 

Tapi jangan juga gara-gara rebutan monster, Anda kemudian berkelahi dengan teman sendiri. Hal yang harus selalu diingat adalah bahwa Pokemon GO ini hanya game. Hal lain yang perlu dihindari adalah jangan masuk ke rumah orang.

 

Karena monster Pokemon bisa menyebar dimana-mana, termasuk rumah, kantor, atau pekarangan orang lain, sebaiknya Anda tidak sembarangan memasukinya. Bukan apa-apa, Anda pasti tidak ingin dituduh pencuri atau orang mencurigakan yang akan berbuat negatif di rumah atau pekarangan orang lain kan? Pokemon Go juga menjual beragam item yang menggunakan uang.

 

Anda pasti membutuhkan Pokeball untuk bisa bermain lebih nyaman. Nah, jangan sampai hanya gara-gara nafsu ingin melatih pokemon, Anda kemudian tidak berpikir panjang dan membeli sebanyak-banyaknya demi kepuasan sendiri. Bersikap bijak sangat baik untuk urusan beli membeli ini.

 

       WWW.SWARAJAKARTA.COM  -  Semua Tentang Jakarta   |  Portal yang mengulas berbagai informasi seputar Jakarta
      
Alamat Redaksi :  Puri Gading H14 No. 15, Jatimelati, Bekasi, Jakarta Timur.   Kontak Iklan :  02198504185

       Related Sites :   Warung Olahraga  |   Facebook Page  |  Twitter  |    Copyright 2010 @ swarajakarta.com. All Rights Reserved