Anda Di sini >
Selasa, 12 Desember 2017
Bau Korupsi Di Renovasi Toilet
Ditulis oleh Darsito   
Sabtu, 16 Juli 2016 01:26

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menaruh curiga terhadap laporan kerusakan toilet di Gedung DPRD DKI. Pasalnya, toilet itu baru saja direnovasi pada 2014 lalu dengan biaya yang fantastis.

Ahok menduga telah terjadi korupsi yang menyebabkan kualitas bangunan yang rendah. Ia curiga korupsi tersebut terjadi saat munculnya anggaran siluman di tahun 2014. “Ini tuh seperti yang saya katakan di tahun 2014 banyak sekali anggaran yang muncul yang kami enggak tahu karena waktu itu enggak mau e-budgeting,” kata Ahok di Balai Kota, Jumat (15/7)

 

Tahun 2014 merupakan tahun terakhir sebelum Pemerintah Provinsi DKI terapkan e-budgeting. Ahok mensinyalir, masa itu dimanfaatkan banyak oknum untuk menyelewengkan anggaran. “Memang oknum di kiri kanan begitu banyak. Eksekutif ada oknumnya enggak? Oh penuh. mark up di sana penuh. Makanya kan saya mulai berantem-berantem waktu mau e-budgeting,” demikian Ahok.

 

Ahok juga mengaku kecolongan terkait anggaran Rp78 miliar yang digunakan untuk renovasi toilet gedung DPRD DKI pada 2014 lalu. Kata Ahok, kala itu ia bersitengang dengan mereka wakil rakyat dalam upaya penerapan sistem e-budgeting.

“Karena kan waktu itu tidak mau e-budgeting. Karena itu juga kan saya mulai berantem (dengan DPRD) di 2015,” kata Ahok, Jumat (15/7).

 

Ahok menduga jajaran eksekutif dalam hal ini Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang menangani proyek juga ikut bermain dalam anggaran renovasi gedung.

 

“Waktu itu pun saat berantem-berantem kita belum mengontrol kelakuan SKPD. Makanya banyak APBD yang kita silpa-kan,” kata Ahok.

 

Pada 2014 lalu Gedung Perkantoran DKI Jakarta habiskan anggaran Rp 50 miliar hanya untuk renovasi toilet. Anehnya, di tahun berikutnya yaitu 2015 dianggarkan kembali untuk renovasi ulang sebesar Rp 28 miliar.

 

       WWW.SWARAJAKARTA.COM  -  Semua Tentang Jakarta   |  Portal yang mengulas berbagai informasi seputar Jakarta
      
Alamat Redaksi :  Puri Gading H14 No. 15, Jatimelati, Bekasi, Jakarta Timur.   Kontak Iklan :  02198504185

       Related Sites :   Warung Olahraga  |   Facebook Page  |  Twitter  |    Copyright 2010 @ swarajakarta.com. All Rights Reserved