Anda Di sini >
Selasa, 12 Desember 2017
Gorila Tertua Mati
Ditulis oleh Choki   
Rabu, 18 Januari 2017 08:36

Colo, gorila tertua di dunia akhirnya mati dalam usia 60 tahun di kebun binatang Columbus, Ohio, AS. Colo, yang hidup dua dekade lebih panjang dari yang diperkirakan, mati dengan tenang saat tidur di kandangnya.Gorila betina ini menjadi gorila pertama yang lahir di kebun binatang Columbus pada 22 Desember 1956. Saat itu, kelahiran Colo menjadi berita utama di seluruh dunia, sebab di masa tersebut belum banyak diketahui cara melakukan konservasi gorila dataran rendah yang terancam punah.

"Colo menyentuh hati banyak generasi yang datang untuk melihat dia dan bagi mereka yang merawat dia selama ini," ujar Tom Stalf, presiden kebun binatang Columbus.

"Dia adalah duta besar para gorila dan menginspirasi banyak orang untuk belajar lebih banyak tentang spesies yang terancam punah dan mendorong banyak orang untuk melindungi gorila di habitat aslinya," tambah Stalf.

Perawat pertama Colo, mahasiswa kedokteran hewan tahun kedua Warren Thomas, dihargai baik terkait kelahiran Colo dan keselamatannya.

Warren mengabaikan perintah direktur kebun binatang saat itu Earl Davis untuk memisahkan ayah dan ibu Colo, Baron Macombo dan Millie Christina.

Warren bersikukuh untuk membiarkan kedua gorila itu hidup bersama yang ternyata berujung pada lahirnya Colo.

Warren juga yang menemukan Colo ketika masih terbungkus kantong ketuban, tak lama setelah dilahirkan dan memberikan bantuan pernapasan dari mulut ke mulut untuk bayi gorila yang saat itu sudah tak bernapas.

Aksi heroik Thomas itu berhasil menyelamatkan Colo yang namanya merupakan singkatan dari Columbus Ohio.

Saat Colo sudah memiliki tiga anak, Warren Thomas sudah menjadi direktur kebun binatang Los Angeles. Ketiga anak Colo bernama Emmy, Oscar, dan Toni.

Bulan lalu, ribuan pengunjung kebun binatang baru saja ikut merayakan ulang tahun Colo ke-60.

Sehingga kabar kematian Colo ini bagi banyak orang yang pernah berkunjung ke kebun binatang Columbus merasa sangat kehilangan.

Colo akan dikremasi dan abunya akan dimakamkan di sebuah lokasi rahasia di kebun binatang Columbus.

Sebelum dikremasi, pihak kebun binatang akan melakukan pemeriksaan untuk mengetahui penyebab kematian Colo.

"Colo adalah hewan paling hebat yang pernah saya rawat. Merawat Colo adalah bagian paling luar biasa dalam karier saya," kata Audra Meinelt, asisten kurator kebun binatang.

"Saya sangat sedih sekaligus bahagia karena pernah menghabiskan 19 tahun bersama Colo," tambah Audra.

Para ilmuwan juga akan mengambil contoh darah dan jaringan tubuh Colo untuk mempelajari lebih banyak soal spesies kera besar ini.  

Di alam liar saat ini diperkirakan terdapat 150.000-200.000 ekor gorila dataran rendah barat, 4.000 ekor gorila dataran rendah timur, 800 ekor gorila pegunungan, dan kurang dari 300 ekor gorila sungai di wilayah barat dan tengah Afrika. (Kompas)

 

Olahraga

Nitro FC Peduli Bakat Muda Indonesia

Nitro FC Peduli Bakat Muda Indonesia

Turnamen bertajuk Nitro FC Cup akan digelar. Ajang ini diselenggarakan dengan tujuan untuk memunculkan pemain berbakat yang bisa dipakai oleh klub.

Hal...

More:

Swara Seleb

Ki Kusumo Laporkan Wartawan ke Polda Metro Jaya

Ki Kusumo Laporkan Wartawan ke Polda Metro Jaya

Tidak terima namanya dikait-kaitan dengan perbuatan kriminal, paranormal yang juga produser film Ki Kusomo menadatangi Sentra Pelayanan Kepolisian Ter...

More:

Swara Warga

Pengaduan Register NPWP-pun Bersambut

  Pengaduan Register NPWP-pun Bersambut

Sepekan lalu saya mendapat paket dari Pos yang isinya ternyata sebuah kartu berisikan Nama dan NPWP saya yang aktif. Saya menantikan paket ini karen...


 Darurat
  112  
 Ambulan
 118
 
 Polisi
 110 
 Pemadam Kebakaran
 113
 
 SAR / Search and Rescue
 115
 
 Posko Kewaspadaan Nasional
 122
 
 Informasi PLN 123
 

No Telepon Lengkap...

       WWW.SWARAJAKARTA.COM  -  Semua Tentang Jakarta   |  Portal yang mengulas berbagai informasi seputar Jakarta
      
Alamat Redaksi :  Puri Gading H14 No. 15, Jatimelati, Bekasi, Jakarta Timur.   Kontak Iklan :  02198504185

       Related Sites :   Warung Olahraga  |   Facebook Page  |  Twitter  |    Copyright 2010 @ swarajakarta.com. All Rights Reserved