Anda Di sini >
Sabtu, 20 Januari 2018
Reklamasi tak Akan Tenggelamkan Jakarta
Ditulis oleh Choki   
Minggu, 12 Maret 2017 08:48

Sawarendro selaku Ketua ILWI (Indonesian Land Reclamation & Water Management Institute) mengatakan bahwa reklamasi pantai Jakarta bukanlah hal baru.

"Rencana itu kan sebenarnya sudah lama, sejak tahun 1995. Pada dasarnya dimaksudkan agar kita bisa kompetitif dengan kota-kota besar negara lainnya," kata Sawarendro.

"Diskusinya sudah panjang, 20an tahunan. Pada satu titik sampai dengan legal aspeknya sudah sampai ke MA. Kemudian dalam proses 20an tahunan ada pro dan kontra. Saya pikir itu lumrah, karena setiap proyek besar pasti mengundang kontroversi," imbuh Sawarendro.

Menurut Sawarendro, dalam hal ini pemerintah harus tegas. "Karena sudah melewati proses panjang. Kemudian MA mempersilahkan untuk lanjut, ya jalan," kata Sawarendro.

Sawarendro melihat pemerintah mendukung reklamasi pantai Jakarta. "Kalau mendengar rencana dari Luhut Panjaitan, kelihatannya sih arahnya mendukung. Bahwsanya kalau ada beberapa hal yang disempurnakan ya lumrah. Namanya juga proses harus berjalan terus," kata Sawarendro.

Sawarendro menambahkan, orang yang mendukung reklamasi pantai Jakarta semakin bertambah. Itu karena orang semakin mengerti karena sudah melihat atau berkunjung ke luar negeri seperti Dubai, Tokyo, Singapura, dan Belanda. "Jadi mereka punya gambaran. Jadi no problem. Tapi dalam beberapa hal ada LSM yang nggak setuju, itu biasa saja," kata Sawarendro.

Sawarendro tak sependapat jika reklamasi pantai akan menenggelamkan Jakarta. "Saya kira mereka harus membandingkan jika reklamasi dilakukan atau tidak. Kalau tidak dilakukan reklamasi, pencemaran tetap akan terjadi. Bahaya rob dari laut juga akan terjadi. Kalau kita melakukan reklamasi, sekian persen pendanaan reklamasi itu bisa digunakan untuk pembuatan tanggul, pompa, rumah susun, dan sebagainya. Jadi dengan adanya reklamasi semua masalah bisa dibenahi. Tapi kalau nggak ada reklamasi, nggak ada dana," kata Sawarendro.

Sementara itu Pakar Lingkungan Institut Teknik Surabaya (ITS) Herman Wahyudi menegaskan bahwa dari segi teknis reklamasi pantai Jakarta tak ada masalah. Segi teknis yang dimaksud mencakup aspek abrasi, aspek sedimentasi, aspek perubahan arus, aspek pencemaran lingkungan, aspek sleeding, dan settlement.

"Karena itu teknis, sesulit apapun itu pasti ada solusinya. Masalah abrasi, pendangkalan, sampai pembentukan pulau baru ada solusinya. Semua ada hitungannya. Yang susah kalau sudah masuk masalah sosial budaya dan politik. Itu yang nggak ada ilmunya," kata  Herman Wahyudi, Rabu (8/3).

Karena dari segi teknis tak ada masalah, maka pemerintahan Joko Widodo harus mendukung reklamasi pantai Jakarta. "Dari segi ekonomi bisa mensejahterakan masyarakat sekitar dengan membangun sarana dan prasarana supaya masyarakat di sana bisa ikut menikmati pembangunan," kata Herman Wahyudi.

Hanya saja, imbuh  Herman Wahyudi, pemerintah sebaiknya mempertimbangkan semua aspek. "Ketegasan pemerintah perlu, tapi ini perlu hati-hati karena pemerintah harus meninjaunya dari multi aspek," kata Herman Wahyudi.


 

Olahraga

Nitro FC Peduli Bakat Muda Indonesia

Nitro FC Peduli Bakat Muda Indonesia

Turnamen bertajuk Nitro FC Cup akan digelar. Ajang ini diselenggarakan dengan tujuan untuk memunculkan pemain berbakat yang bisa dipakai oleh klub.

Hal...

More:

Swara Seleb

Ki Kusumo Laporkan Wartawan ke Polda Metro Jaya

Ki Kusumo Laporkan Wartawan ke Polda Metro Jaya

Tidak terima namanya dikait-kaitan dengan perbuatan kriminal, paranormal yang juga produser film Ki Kusomo menadatangi Sentra Pelayanan Kepolisian Ter...

More:

Swara Warga

Pengaduan Register NPWP-pun Bersambut

  Pengaduan Register NPWP-pun Bersambut

Sepekan lalu saya mendapat paket dari Pos yang isinya ternyata sebuah kartu berisikan Nama dan NPWP saya yang aktif. Saya menantikan paket ini karen...


 Darurat
  112  
 Ambulan
 118
 
 Polisi
 110 
 Pemadam Kebakaran
 113
 
 SAR / Search and Rescue
 115
 
 Posko Kewaspadaan Nasional
 122
 
 Informasi PLN 123
 

No Telepon Lengkap...

       WWW.SWARAJAKARTA.COM  -  Semua Tentang Jakarta   |  Portal yang mengulas berbagai informasi seputar Jakarta
      
Alamat Redaksi :  Puri Gading H14 No. 15, Jatimelati, Bekasi, Jakarta Timur.   Kontak Iklan :  02198504185

       Related Sites :   Warung Olahraga  |   Facebook Page  |  Twitter  |    Copyright 2010 @ swarajakarta.com. All Rights Reserved