Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Jakarta Selatan Bersama Tenaga Kesehatan perangi DBD

Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Jakarta Selatan Bersama Tenaga Kesehatan perangi DBD

Kolaborasi Tenaga Kesehatan dalam Penanganan DBD Terbaru
Jakarta, IAINews.id Demam Berdarah Dengue (DBD) yang disebabkan oleh virus Dengue dan ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus, semakin meresahkan warga Jakarta Selatan. Perubahan iklim, urbanisasi, dan mobilitas manusia yang tinggi berkontribusi pada penyebaran nyamuk ini ke wilayah-wilayah baru. Data terbaru dari Kementerian Kesehatan mencatat peningkatan signifikan kasus DBD di Jakarta Selatan. Hingga Mei 2024, wilayah ini melaporkan 1.112 kasus, menempatkannya dalam daftar 25 kabupaten/kota dengan kasus DBD tertinggi di Indonesia.
Dalam menanggapi lonjakan kasus ini, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah mengintensifkan upaya pencegahan dan penanggulangan DBD. Program fogging dan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) dilakukan secara berkala di seluruh wilayah Jakarta Selatan. Selain itu, kampanye edukasi kepada masyarakat mengenai pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dan menghindari gigitan nyamuk juga terus digalakkan.
Seminar PC IAI Jakarta Selatan: Kolaborasi bersama Tenaga kesehatan dalam Penanganan DBD.

Menyikapi situasi ini, PC IAI Jakarta Selatan mengadakan seminar edukasi dengan tema “Kolaborasi Tenaga Kesehatan dalam Penanganan DBD Terbaru” (29/06) yang dilaksanakan luring dan daring, yang fokus pada manajemen terapi obat dan edukasi kepada masyarakat. Dalam seminar ini, para apoteker dan tenaga kesehatan sepakat bekerja sama untuk meningkatkan efektivitas penanganan DBD melalui terapi obat dan edukasi. Selain itu, kegiatan ini juga melakukan pemeriksaan kesehatan gratis kepada peserta seperti cek gula darah, kolesterol dan asam urat. ( Nov – 04 – Red )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *