Babinsa Koramil 05/SAMUT Latihkan PBB dan WASBANG Kepada Taruna Taruni SMKN Pelayaran Samarinda

Babinsa Koramil 05/SAMUT Latihkan PBB dan WASBANG Kepada Taruna Taruni SMKN Pelayaran Samarinda

Samarinda, Babinsa Koramil 05/SAMUT (Samarinda Utara) Serka Sulthan melaksanakan kegiatan pembinaan dan pembekalan Masa Pengenalan Lingkungan Siswa (MPLS) yaitu materi baris berbaris serta pemberian Wawasan Kebangsaan kepada Taruna dan Taruni baru Angkatan XXII. TA. 2024 SMKN Pelayaran, bertempat di Lapangan PBB SMKN Pelayaran Jl. Batu Cermin Kelurahan Sempaja Utara Kecamatan Samarinda Utara, Kota Samarinda. Jumat (05/07/2024).

“Kegiatan tersebut dilakukan terhadap Taruna Taruni baru yang bertujuan mengenali potensi diri Taruna/i baru dalam beradaptasi dengan lingkungan sekolah serta menumbuhkan motivasi semangat persatuan, kedisplinan untuk mewujudkan siswa yang memiliki nilai integritas, etos belajar, dan semangat gotong royong pada diri,” Ungkap Serka Sulthan.

Dalam penyampaiannya, Serka Sulthan memberikan materi PBB dalam bentuk teori dilaksanakan di aula terlebih dahulu, kemudian dilanjutkan praktek di lapangan, adapun materi yang di berikan yaitu gerakan di tempat seperti Sikap Sempurna, Penghormatan, Hadap Kanan-Kiri, Hadap Serong Kanan-Kiri, Lencang Kanan-Kiri, Setengah Lengan Lencang Kanan-Kiri, Jalan di tempat dan Balik Kanan. Sedangkan gerakan berjalan ada Langkah Tegap dan Langkah Biasa, ini bertujuan untuk membekali Taruna/i baru dengan keterampilan tentang baris-berbaris dan membentuk sikap mental disiplin di sekolah.

Disiplin dalam berbaris akan terlihat manakala Taruna/i mengikuti Kegiatan upacara bendera rutin setiap hari Senin maupun upacara hari besar nasional. Sasaran yang lebih jauh yaitu peserta didik baru dapat menjadi calon pelaksana pada upacara bendera di sekolah.

Serka Sulthan berpesan supaya Materi yang di ajarkan agar di latihkan dan di ingat ingat setiap hari, supaya gerakannya semaklin sempurna dan tertanam disiplin di diri Taruna/i masing masing,”

Pendim 0901/Samarinda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *